Senentang Punya Cerita Wisata ..

 Sahabatku yang baik hatinya,

Mungkin sebagian orang belum mengenal yang Namanya BUMI SENENTANG atau   Kota SINTANG yang berada di Provinsi Kalimantan Barat. Provinsi Kalimantan Barat yang hanya terkenal dengan ibu kotanya PONTIANAK yang terdapat Tugu KHATULISTIWA, sahabat mungkin sudah membayangkan pasti suhu udara disana terik dan panas itu tepat sekali, bukan hanya di ibu kota provinsinya yang panas tapi di kabupaten lainya juga panas.

Berbicara soal BUMI SENENTANG atau Kota SINTANG, banyak sekali budaya yang ada bermacam jenis Suku dayak dan Melayu.  Bahasa daerah disana juga berbeda meski satu suku tapi bahasanya jelas berbeda dan sulit dipahami.

Jarak tempuh dari Ibu kota Provinsi Pontianak ke Sintang memakan waktu 8 jam perjalanan darat menggunakan BUS atau Kendaraan Pribadi. Jarak tempuh yang jauh ditambah dengan jalan yang rusak itu adalah cobaan yang luar biasa hanya untuk pergi ke Pontianak. Jadi bagaimana ?
tapi tenang sintang adalah kota yang indah memiliki  Sungai-sungai besar yaitu Sungai Melawi dan Sungai terpanjang di indonesia adalah Sungai Kapuas yang memiliki panjang 1143 km , serta juga memiliki objek wisata bukit kelam yaitu BATU TERBESAR didunia serta punya kantong semar diatasya yang sangat langka hanya ada BUMI SENENTANG. 





Tentang tempat tinggal ku !
Aku JULIA TIRTA PUTRI,  tinggal di Jalan Teuku Umar RT.03 RW.03 Desa Baning Kota Kec. Sintang Kab. Sintang Kalimatan Barat.Lingkungan tempat tinggalku itu rata-rata orang malayu dan dayak jadi bahasa yang digunakan beragam juga tapi kami biasa mengunakan bahasa Melayu seperti kartun Upin-Ipin . Teman-temanku Rumahku memang mengerikan dibelakang Rumahku itu terdapat Sungai Besar Sungai Melawi, jika pun mau Mandi tinggal terjun dari pelantaran dapur pun bisa langsung nyemplung * (saya sering melakukanya dan sekarang karena saya sudah kuliah ya tidak biasa lagi) satu hal rumah ku tidak pernah terkena banjir, jika pun banjir kata Ayahku satu sintang tenggelam karena pernah terjadian tahun 80-an hanya hampir menyentuh ujung tanah rumaku, rata-rata rumah udah tinggal atap. Setiap hari kemaraupun pasti timbul pasir nah diajang-ajang seperti itu timbulah kebiasaan yang wajib saya lakukan adalah menyebrang sungai dengan berenang, luar biasa itu ketika sudah ditengah rasanya ngk sampai-sampai karena luasnya itu lo...


Sumber: klik ini


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar